Jack Skellington Background

Kamis, 05 Januari 2012

Kimia membosankan? TIDAK!!!

Mungkin beberapa dari kita sudah malas dan menjauh saat mendengar kata-kata KIMIA. Kimia yang identik dengan reaksi, molekul, rumus, dan lain-lain membuat ilmu sains yang satu ini dianggap sebelah mata. Kimia yang sejatinya itu selalu mengelilingi kita, contohnya saja semua benda yang ada disekitar kita tersusun atas senyawa-senyawa kimia. Tidak percaya? yang simpel saja, AIR yang menjadi sesuatu yang tidak dapat kita tinggalkan tersusun atau 2 atom Hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O). Jika kita mau mempelajarinya, di dalam molekul-molekul air saja terdapat banyak hal yang dapat kita pelajari seperti ikatan antar atomnya, ikatan antar molekulnya, titik didihnya dan masih banyak lagi. Ini baru satu contoh molekul sederhana, bagaimana dengan senyawa yang lebih kompleks? Subhanallah...

Jangan dulu minder apalagi putus asa sebelum mencoba asyiknya kimia, belajar kimia itu tidak harus selalu duduk di depan guru atau dosen, membaca buku atau slide yang diberikan dosen, itu sih kuno teknologi makin canggih teman-teman. Cukup duduk di depan PC yang terhubung dengan jaringan internet kita sudah bisa mempelajari berbagai materi kimia seperti kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik dan cabang ilmu kimia lainnya. 
Belajar itu tak mesti membaca sebuat tulisan berlembar-lembar, belajar secara visual akan lebih melekat dan lebih cepat paham. Belajar secara visual disini seperti menonton video-video yang berkaitan dengan materi yang ingin kita pelajari, melakukan simulasi dengan software-software yang mendukung dan lain-lain. 

Berikut ini video yang berkaitan dengan kimia, dan semoga dengan melihat video ini kita menjadi lebih memahami konsep dalam kimia.

Kimia Komputasi

The Computational Chemistry Movie

 

Kimia Organik 

Simple Diels Alder Transition State

 

Chirality - Enantiomers

Kimia Anorganik

Chemistry VSEPR Theory


Semangat Kimia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar